Jumat, 01 November 2013

“ RENDAH HATI & KEKUATAN BUAH-BUAH ROH “
By David Yehuda ( Interdenomination Mission School )

Kerendahan hati bukan hanya membicarakan tentang gaya bicara yang lemah lembut, melainkan sikap hati. Orang yang berbicara lemah lembut belum tentu rendah hati, tetapi orang yang rendah hati pastilah berbicara dengan sopan. Memiliki kerendahan hati perlu proses, dan proses tersebut tergantung individu itu sendiri. Kerendahan hati adalah sikap yang dipenuhi oleh buah-buah roh ( Gal 5:22-23 ).
Rendah hati adalah berbicara tentang suatu sikap ataupun karakter yang harus dimiliki oleh orang-orang percaya.
1. MAU MENERIMA DIRINYA SENDIRI.
Orang yang rendah hati adalah orang yang mau menerima dirinya sendiri, berani mengakui kelemahan dan kekurangannya serta mensyukuri apa yang Tuhan sudah berikan di dalam dirinya.
2. MAU MENERIMA ORANG LAIN.
Ini adalah suatu sikap yang membawa kepada suatu karakter yang Tuhan inginkan karena Tuhan tidak memandang rupa. Mau menerima orang lain berbicara tentang bagaimana sikap kita untuk menguasai diri agar mampu menilai orang lain dalam keberadaannya, bukan untuk membicarakan kekurangannya, melainkan melihat bahwa dalam setiap kekurangan, seseorang pastilah memiliki kelebihan yang mungkin tidak ada pada orang lain. Sikap ini memberikan kekuatan untuk kita bisa bekerja sama dengan orang lain.
3. TIDAK MINTA DIHARGAI.
Sikap seperti ini adalah suatu kerendahhatian yang perlu dimiliki oleh orang-orang percaya agar hidupnya tidak ingin selalu menjadi tuan, karena seorang tuanlah yang selalu ingin dihargai dan dihormati, karena dengan memiliki sikap seperti ini akan menjauhkan kita dari ketersinggungan, karena secara tidak langsung orang yang mudah tersinggung adalah orang yang hidupnya belum memiliki hati seorang hamba. Sebagai orang-orang percaya, marilah kita semua belajar untuk bisa memiliki hati seorang hamba, hati yang tidak menuntut, melainkan dengan rela melayani sepenuh hati karena Sang Tuan adalah Kristus.
4. MENGUTAMAKAN ORANG LAIN.
Hal ini adalah suatu perbuatan ataupun tindakan nyata dari buah-buah roh, yakni kemurahan. Sikap yang menjadikan orang lain merasa dihargai dan mencerminkan sebuah tindakan nyata dari cerminan Kristus yang ada di dalam hidup orang-orang percaya.
5. SUKA MELAYANI & BUKAN DILAYANI.
Suatu sikap hati seorang hamba yang baik, yang tunduk terhadap otoritas dan mengerti posisinya di hadapan Tuhan. Ini juga mencerminkan karakter yang telah diubahkan, yang rela memberikan yang terbaik buat orang lain sekalipun hal itu menjadi momok bagi kebanyakan orang, dikarenakan tidak semua orang bisa memiliki sikap hati yang seperti ini, karena manusia condong menjadi tuan atas orang lain. Memiliki sikap seperti ini membutuhkan suatu proses yang demikian besar, yakni rela meremukkan segala keegoisan dan keakuan di dalam diri pribadi.

Buah-buah Roh adalah suatu kekuatan yang Tuhan berikan untuk kita mampu mengatasi berbagai masalah di dalam hidup kita, di dalam keluarga, di dalam kita berjemaat dan bermasyarakat serta bersosialisasi dengan banyak orang.
1. KASIH.
Kasih adalah KEKUATAN untuk mendahulukan orang lain dan KEKUATAN untuk tidak mementingkan diri sendiri, serta untuk MEMAMPUKAN kita menanggung segala sesuatu bersama Kristus.
2. SUKACITA.
Sukacita adalah suatu kesukaan dari Tuhan yang memberikan kekuatan kepada kita, sukacita MEMBERSIHKAN & MENYEMBUHKAN roh kita dari segala luka hati, dendam dan defresi serta MENGALAHKAN sesuatu hal yang tidak menyenangkan.
3. DAMAI SEJAHTERA.
Damai Sejahtera adalah KEKUATAN untuk merasa tenang ketika berada di dalam badai kehidupan, tidak digoyahkan oleh keragu-raguan, ketakutan karena Yesus adalah nakhoda yang baik di dalam kita mengarungi hidup ini.
4. KESABARAN.
Kesabaran adalah suatu KEKUATAN untuk tidak “ Menyerah “, melainkan untuk siap menanggung segala kesukaran dan mengatasinya karena Tuhan yang akan memampukan kita menghadapi berbagai perkara.
5. KEMURAHAN.
Kemurahan adalah suatu bentuk KEKUATAN untuk tidak bersikap kasar terhadap orang lain dan ini adalah tindakan orang-orang yang memiliki hikmat.
6. KEBAIKAN.
Kebaikan adalah KEKUATAN untuk melakukan apa yang benar dan berkenan kepada Tuhan, serta memberikan pertimbangan untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain sehingga menjadi berkat.
7. KESETIAAN.
Kesetiaan adalah bentuk KEKUATAN untuk berpegang teguh dengan prinsif yang benar dan memberikan KEMAMPUAN untuk menghadapi ujian dan cobaan karena kesetiaan di dalam Kristus adalah berjalan kepada Air Kehidupan kekal.
8. KELEMAHLEMBUTAN.
Kelemahlembutan adalah KEKUATAN untuk tidak membalas dendam, baik dalam ucapan maupun perbuatan dan ini juga merupakan suatu senjata untuk MENGALAHKAN kesombongan dan MEMATAHKAN sikap yang kasar.
9. PENGUASAAN DIRI.
Penguasaan diri adalah KEKUATAN yang daipada Tuhan bagi kita untuk tidak menuruti kehendak diri sendiri dan juga merupakan KEKUATAN untuk mengontrol emosi serta hawa nafsu dan perasaan yang berlebihan.
HalleluYah…., itulah yang Tuhan inginkan dan Tuhan berikan kepada kita di dalam hidup kita agar supaya mampu berjalan dan tetap fokus kepada tujuan dan masa depan yang penuh harapan, karena rencana dan rancangan Tuhan adalah indah dan sempurna bagi masa depan yang indah bersama Tuhan di dalam kemuliaan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar